Siapakah Bill Gates?

Siapakah Bill Gates? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
William Henry Gates III, atau yang populer disapa Bill Gates, lahir pada 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington, dan dikenal dunia sebagai tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis, juga salah satu orang terkaya di dunia. Bersama Paul Allen, ia mendirikan Microsoft, yang kini menjadi perusahaan perangkat lunak terbesar dan paling populer di dunia.

Awal ketertarikan Bill Gates pada komputer sudah dimulai sejak ia masih remaja. Pada usia 13 tahun, ia bersekolah di Lakeside School, sebuah sekolah persiapan eksklusif di Seattle. Pada waktu duduk di kelas delapan, Lakeside School menyewa komputer milik General Electric (GE) untuk digunakan siswa sekolah.

Gates segera tertarik memprogram sistem komputer GE, dan sejak itulah ia mulai menulis program komputer pertamanya di mesin tersebut—sebuah program sederhana yang memungkinkan pengguna dapat bermain melawan komputer. Ia terpesona dengan mesin tersebut, juga cara mesin itu dalam mengeksekusi kode perangkat lunak dengan sempurna.

Sebagai hasil ketertarikannya pada komputer, pada waktu berusia 17 tahun Gates bersama Paul Allen—kawan sekolahnya—mulai membentuk suatu usaha bersama yang mereka namai Traf-O-Data, untuk menciptakan penghitung lalu lintas berbasis prosesor Intel 8008. Itulah cikal bakal kerjasama antara Bill Gates dengan Paul Allen, hingga kemudian mereka membangun Microsoft pada 26 November 1976.

Setelah lulus dari Lakeside School pada tahun 1973, Bill Gates berkuliah di Harvard College, dan di sana ia bertemu dengan Steve Ballmer, yang kelak menggantikan Gates sebagai CEO Microsoft. Di Harvard, Gates tidak punya rencana belajar tetap, dan lebih suka menghabiskan waktunya untuk bermain-main komputer di kampus.

Ketika MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 diluncurkan pada tahun 1974, Gates dan Allen melihat bahwa peluncuran tersebut sebagai kesempatan untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak komputer sendiri. Keputusan itu lalu melahirkan sebentuk usaha bersama yang mereka namai Microsoft—dan selanjutnya adalah sejarah.

Bill Gates menikah dengan Melinda French pada 1 Januari 1994, dan kini mereka tinggal di sebuah rumah bawah tanah di sisi sebuah bukit yang menghadap Lake Washington, bersama ketiga anak mereka. Pada tahun 1994 pula, Gates menjual sebagian sahamnya di Microsoft untuk mendirikan William H. Gates Foundation.

Enam tahun kemudian, pada 2000, Gates dan istrinya menggabungkan tiga yayasan keluarga menjadi satu, dan membentuk yayasan amal Bill & Melinda Gates Foundation, yang kini merupakan yayasan amal terbesar di dunia.

Pada tahun 2007, Bill dan Melinda Gates dianggap sebagai filantropis paling dermawan di Amerika Serikat, dengan sumbangan untuk amal sebanyak 28 miliar dollar AS. Sementara majalah Time menempatkan Bill Gates sebagai satu di antara 100 orang paling berpengaruh pada abad ke-20.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 1881361797762775813

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item