Kapan Berdirinya World Trade Organization?

Kapan Berdirinya World Trade Organization? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/moderndiplomacy.eu
WTO (World Trade Organization) secara resmi berdiri pada 1 Januari 1995, namun sistem perdagangan itu sendiri telah ada sejak setengah abad sebelumnya.

Pada tahun 1948, sebanyak 23 negara berkumpul di Jenewa, Swiss, untuk membicarakan tentang tarif-tarif dan perdagangan yang bertujuan mengurangi bea masuk perdagangan di antara mereka, serta menyelesaikan berbagai persoalan perdagangan. Hasilnya adalah kesepakatan perjanjian yang disebut GATT (General Agreement on Tariffs and Trade).

Sejak tahun 1948-1994 sistem GATT memuat peraturan-peraturan mengenai perdagangan dunia, dan menghasilkan pertumbuhan perdagangan internasional tertinggi.

Sewaktu didirikan, GATT beranggotakan 23 negara, tetapi pada saat sidang terakhir di Marakesh pada 5 April 1994 jumlah negara penandatangan bertambah menjadi 115 negara.

Pada mulanya, GATT ditujukan untuk membentuk International Trade Organization (ITO), suatu badan khusus PBB yang merupakan bagian dari sistem Bretton Woods (IMF dan Bank Dunia).

Perjanjian mengenai ITO disetujui dalam UN Conference on Trade and Development di Havana, pada Maret 1948, tetapi proses ratifikasi oleh lembaga-lembaga legislatif negara tidak berjalan lancar, sehingga ITO pun lalu tenggelam. Namun, meski begitu, GATT tetap merupakan instrumen multilateral yang mengatur perdagangan internasional.

Sesuai dengan perkembangannya, masing-masing negara anggota GATT menghendaki adanya perdagangan bebas. Pada pertemuan di Marakesh, Maroko, 5 April 1994, GATT kemudian diubah menjadi World Trade Organization (WTO) mulai tanggal 1 Januari 1995.

World Trade Organization atau Organisasi Perdagangan Dunia bertujuan untuk mendefinisikan aturan perdagangan di antara anggotanya. WTO bermarkas di Jenewa, Swiss.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 1200485874633096450

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item