Siapakah Jimi Hendrix?

Siapakah Jimi Hendrix? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/tribunnews.com
Dilahirkan di Seattle, Washington, Amerika Serikat, pada 27 November 1942, Johnny Allen Hendricks atau Jimi Hendrix adalah musisi, penyanyi, penulis lagu, gitaris, dan tokoh budaya Amerika. Ia sering disebut sebagai salah satu pemain gitar listrik paling berpengaruh dalam sejarah musik rock dunia.

Ketika berusia 12 tahun, Hendrix sangat sedih karena kehilangan ibunya yang meninggal dunia. Ayahnya lalu membelikan sebuah gitar untuknya sebagai hadiah ulang tahun ke-12, sekaligus dengan harapan dia dapat bermain gitar untuk mengobati kesedihannya. Gitar itu dibeli dari seorang kawan ayahnya seharga 5 dollar. Seperti yang diharapkan, Hendrix pun mulai asyik dengan gitarnya, dan mulai dapat melupakan kesedihannya.

Tiga bulan setelah itu, ayahnya membelikan gitar listrik. Sejak itu, kesenangannya dalam bermain gitar semakin menjadi-jadi, hingga ia lalu membentuk band-nya yang pertama, Velvetone.

Jimi Hendrix mulai berkarir secara profesional di dunia musik pada 1960, saat ia menjadi anggota sebuah band bernama Rocking Kings, dan mulai sering manggung di tempat konser seputar Seattle. Karir itu terhenti ketika ia harus ikut wajib militer, dan bergabung dengan angkatan darat di Fort Ord, California.

Pada waktu itulah ia bertemu Billy Cox, seorang pemain bass berkulit hitam yang cukup disegani di kalangan musisi blues pada waktu itu. Mereka pun sempat bermain di dalam band tentara.

Setelah lepas dari wajib militer, Hendrix kembali bergabung dengan bekas teman-teman band-nya, dan membentuk band baru bernama Bob Fisher & The Barnevilles. Mereka menjadi band pembuka untuk beberapa musisi untuk tour Amerika, sebelum Hendrix kemudian pindah ke Vancouver, Kanada.

Pada Oktober 1966, Hendrix membentuk band baru lagi, kali ini bernama The Jimi Hendrix Experience, bersama Mitch Mitchell dan Noel Redding. Di dalam band itulah karir Hendrix yang sesungguhnya dimulai, dan band itu pula yang kemudian menjadikan nama Jimi Hendrix benar-benar melegenda.

Bersama band barunya, The Jimi Hendrix Experience, ia mengeluarkan album-album yang terkenal, di antaranya “Are You Experience?” dan “Electric Ladyland” yang segera menjadi album laris.

Pada puncak popularitasnya, Jimi Hendrix meninggal tiba-tiba pada 18 September 1970, diperkirakan karena overdosis obat penenang. Ia meninggal di London, Inggris, dalam usia 27 tahun.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 5569513085081492268

Posting Komentar

  1. Kemudian ia meninggal karena dicekoki pil tidur dan wine oleh manajernya sendiri. Yaitu michael jeffery. Pada waktu itu jimi ingin mngganti manajernya. Karena menurut jeffery, kematian jimi lebih berharga untuk hidupnya d banding jimi hidup. Namun 2 tahun kemudian, jeffery meninggal karna kecelakaan pesawat. Itu tambahan ane min.. Itu ane baca d majalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk tambahannya yang berharga.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Jimi Hendrix and Eric Clapton
    https://www.youtube.com/watch?v=jLw5x_sf608

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item