Di Mana Markas WikiLeak?

Di Mana Markas WikiLeak? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/americangrit.com
Nama domain WikiLeaks didaftarkan pada 4 Oktober 2006, namun situs webnya baru diluncurkan secara resmi pada Desember 2006. Tidak pernah jelas siapa saja yang mendirikan web kontroversial tersebut, namun Julian Assange disebut-sebut sebagai salah satu pendirinya, dan namanya pula yang dipublikasikan sebagai direktur dan anggota Dewan Penasehat WikiLeaks.

Banyak pihak menduga bahwa penempatan Julian Assange di front terdepan WikiLeaks adalah karena Assange satu-satunya pendiri Wikileaks yang tidak memiliki keluarga, sehingga dianggap sebagai sosok paling tepat—mengingat aktivitas WikiLeaks dapat mengancam keselamatan.

Markas atau kantor WikiLeaks berada di pusat data Pionen di Vita Bergen atau White Mountains di Stockholm, Swedia.

Gedung itu dimiliki oleh Bahnhof, sebuah perusahaan penyelenggara jasa internet di Swedia, dan WikiLeaks menempati bangunan di bawah tanah gedung itu, di kedalaman 30 meter. Dulunya, gedung tersebut adalah bunker untuk Perang Dunia II, yang dibuat untuk berjaga-jaga sebagai tempat pengungsian pejabat pemerintah Swedia jika terjadi serangan bom hidrogen.

WikiLeaks memilih Swedia sebagai tempat berkantor karena hukum negara tersebut mendukung kebebasan pendapat. Di Swedia, otoritas tidak dapat mempertanyakan sumber suatu cerita, dan WikiLeaks maupun orang-orangnya tidak dapat diadili karena menyebarkan informasi yang sensitif.

Meski mengundang kontroversi internasional, namun WikiLeaks juga mendapatkan beberapa penghargaan, di antaranya adalah New Media Award dari majalah Economist pada tahun 2008, UK Media Award dari Amnesty International (untuk kategori New Media) pada Juni 2009, dan New York Daily News pada Mei 2010 memuji WikiLeaks sebagai “situs yang benar-benar bisa mengubah berita”.

Sedangkan majalah Time menempatkan kelahiran WikiLeaks sebagai satu di antara sepuluh peristiwa terbesar sepanjang tahun 2009.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 7610289697756316669

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item