Siapakah Jorge Paulo Lemann?

Siapakah Jorge Paulo Lemann?
Jorge Paulo Lemann/brazillian.report
Jorge Paulo Lemann adalah pengusaha asal Brasil, yang terkenal sebagai bankir dan raja bir. Lahir pada 26 Agustus 1939 di Rio de Janeiro, Brasil, Lemann merupakan anak keluarga imigran dari Swiss. Pada saat ini, namanya juga dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia, dengan nilai kekayaan mencapai 25 miliar dollar.

Pada 1961, Jorge Paulo Lemann lulus dari Harvard Business School, lalu bekerja di Credit Suisse, sebuah perusahaan jasa keuangan multinasional.

Seiring dengan itu, dia mencoba belajar menjadi investor, dengan menanamkan saham di perusahaan bernama Invesco pada 1966, tapi kemudian perusahaan itu bangkrut. Lemann kehilangan uang, tapi dia mendapatkan pelajaran mengenai saham dan investasi.

Pada 1971, Lemann mengajak dua temannya, Marcel Herrmann Telles dan Carlos Alberto Sicupira, untuk berkongsi membangun perusahaan investasi. Kongsi mereka melahirkan bank bernama Banco Garantia. Perusahaan mereka sempat dihantam krisis, tapi berhasil selamat. Bahkan, pada awal 1990-an, Banco Garantia menjadi bank paling terkenal di Brasil.

Selama dua puluh tahun Lemann dan dua temannya mengelola perusahaan tersebut, sampai kemudian memutuskan untuk menjualnya. Pada 1998, Banco Garantia dibeli oleh Credit Suisse Boston senilai 675 juta dollar.

Dari pembagian hasil penjualan itu, Lemann menggunakan uangnya untuk mengakuisisi tiga perusahaan bir, yaitu Companhia Antartika Paulista, Brahma Beer, dan GP Investimentos. Tiga perusahaan itu kemudian disatukan dengan nama AmBev.

Pada 2004, Lemann mengakuisisi perusahaan bir lain bernama Interbrew. Perusahaan itu kemudian digabung dengan AmBev, dan diubah namanya menjadi InBev. Di bawah kepemimpinan Lemann, saham perusahaan InBev mengalami kenaikan hingga 40 persen.

Seiring dengan itu, Leman mengajak dua temannya yang dulu—Marcel Herrmann Telles dan Carlos Alberto Sicupira—untuk kembali membangun perusahaan investasi. Kali ini, perusahaan mereka diberi nama 3G Capital.

Pada 2008, InBev, perusahaan milik Lemann, mengakuisisi perusahaan bir Amerika, Anheuser-Busch, yang merupakan produsen bir merek Budweiser. Perusahaan gabungan antara InBev dan Anheuser-Busch diberi nama Anheuser-Busch InBev (AB InBev).

Sejak itu, Jorge Paulo Lemann dikenal sebagai salah satu raja bir dunia, dan perusahaannya mencetak angka penjualan per tahun mencapai 2,7 miliar dollar. Bisnis Lemann terus tumbuh, hingga menguasai 65 persen dari total pasar bir di Brasil.

Pada 2010, 3G Capital—perusahaan milik Lemann dan dua temannya—mengakuisisi Burger King Holdings, Inc., sebesar 4 miliar dollar. Kemudian, pada 2013, 3G Capital juga mengakuisisi perusahaan HJ Heinz, senilai 28 miliar dollar.

Segala pencapaian dan kesuksesan itu pun mengantarkan Jorge Paulo Lemann sebagai orang terkaya nomor tiga di Brasil, dan salah satu orang terkaya di dunia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 8528232455006693471

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item