Apa Makanan Ikan Sapu-sapu?


Ikan sapu-sapu adalah ikan air tawar yang berasal dari Amerika tropis, yang termasuk dalam famili Loricariidae, meski tidak semua anggota Loricariidae adalah sapu-sapu. Di banyak tempat, termasuk di Indonesia, ikan sapu-sapu dikenal sebagai ikan pembersih akuarium. Sebutan “sapu-sapu” juga kemungkinan besar terkait dengan fungsi ikan tersebut di akuarium, yaitu sebagai pembersih.

Di Malaysia, ikan itu disebut ikan bandaraya, karena fungsinya seperti petugas pembersih kota (bandar). Sementara di dunia internasional, ikan itu disebut plecostomus, dan biasa disingkat plecos atau plecs.

Ikan sapu-sapu termasuk omnivora atau pemakan segala, meski biasanya mencari sisa-sisa tumbuhan air di malam hari. Kebanyakan mereka mengonsumsi tumbuh-tumbuhan air seperti kelompok alga. Ikan ini nyaris dapat hidup bersama ikan lain apa pun di akuarium, dan biasanya memakan lumut-lumut yang tumbuh di tempatnya hidup. Meski kita mungkin biasa melihat ikan sapu-sapu berukuran kecil atau sedang, ikan itu sebenarnya bisa tumbuh hingga sepanjang 60 centimeter.

Hmm... ada yang mau menambahkan?



Artikel Terkait Fauna

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar