Tentang Blog


Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.
Ali bin Abi Thalib


Blog ini adalah tempat menuangkan hasil belajar saya pada beberapa bidang yang saya minati—psikologi, sejarah, biologi, iptek, dan lain-lain—yang saya harapkan dapat memberikan manfaat bagi pembaca.

Dengan menggunakan konsep seperti Buku Pintar, saya mengusahakan setiap posting yang ada di sini ringkas dan padat, namun informasi yang dibutuhkan telah tercakup di dalamnya. Agar lebih menarik, sebagian besar posting di blog ini saya buat dengan format tanya jawab, sehingga lebih mudah dipelajari.

Blog ini juga dapat dimanfaatkan pembaca yang ingin menanyakan sesuatu seputar pengetahuan umum (silakan baca peraturannya di sini). Nantinya, saya akan mencarikan jawaban ilmiahnya berdasarkan sumber-sumber literatur yang dapat saya akses (referensi rujukan bisa dilihat di sini). Pertanyaan selucu dan sekonyol apa pun akan dijawab secara ilmiah, namun menggunakan bahasa yang mudah, kecuali kalau memang tidak ada jawaban ilmiahnya.

Setelah itu saya akan mempostingnya di blog ini. Melalui kolom komentar, pembaca dapat memberikan tambahan jika jawaban saya kurang lengkap, atau mengoreksi jika terdapat kekeliruan, atau bahkan menyanggah jika ternyata ada versi lain selain jawaban saya. Aktif, interaktif, sekaligus mencerdaskan—itulah visi blog Belajar Sampai Mati.

Melalui laman ini, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada teman-teman sesama blogger di mana pun yang selama ini telah menjalin persahabatan yang menyenangkan di dunia maya. Saya telah mendapatkan banyak ilmu serta pengetahuan baru dari kalian semua.

Terima kasih spesial untuk Evan Williams yang telah menciptakan platform Blogspot, sehingga jutaan orang dapat saling belajar dan berbagi dengan mudah. Juga untuk Yus Yulianto yang telah mengenalkan saya pada Formspring, serta untuk F.X. Darmawan yang telah memberikan kursus kilat tentang cara “mengobrak-abrik” HTML sehingga saya bisa membuat blog ini sesuai keinginan, sekaligus mudah digunakan pengunjung/pembaca.

And last but not least, terima kasih kepadamu yang mau ikut belajar bersama saya di sini.

Dengan senyum dan kasih,